Sabtu, 04 Agustus 2012



MP258 adalah model salah satu dari pirnter Canon yang memiliki 3 fungsi (Print, Scan, Copy),
Printer ini diklaim ekonomis. Inkjetnya multifungsi, alias all-in-one. Sedangkan harganya kisaran Rp 700 ribu.

Teknologi cetak MP258 didukung 1472 nozzle Full-Photolithography Inkjet Nozzle Engineering yang diklaim mampu menghasilkan hasil cetak sekualitas lab dengan resolusi 4800×1200 pada kecepatan 7 ipm (image per minute) untuk monokrom dan 4,8 ipm untuk warna.

Untuk mencetak foto 4×6 ” tanpa batas pinggiran, MP258 bisa melakukannya dalam waktu hanya 39 detik.

Kemampuan scan? Berbekal teknologi CIS flatbed dengan resolusi 600×1200, kertas berwarna A4 (reflektif) tuntas discan dalam waktu sekitar 15 detik. Sedangkan untuk fotokopi, bisa dilakukan 6,3 cpm (monokrom) atau 2,7 cpm (warna).

Sementara, untuk cetak foto didukung kombinasi tinta warna dye (CL-811) dan tinta hitam pigmen (PG-810).

Saking banyaknya tugas yang diemban nih printer dari print biasa, print foto, scan & copy file, jadinya sering juga nih printer Error. Karena Banyak Printer Jenis MP258 yang masuk ke meja servisan ane. ane skarang mau share skalian nyimpen ilmu (biar ngak lupa)

Error kode MP258 Ada 2 jenis yaitu (P dan E)
Ini Ane Sebutin aja macem2 kode error dan penyebabnya :
  1. P02 itu Carriage Error, Biasanya ada kertas atau benda yang nyangkut di roll kertas, klo bukan kertas biasanya benda asing yang masuk dari atas (tempat masukin kertas) trus bikin macet jalanya roll kertas. atau bisa juga Pita Encodenya kena cipratan tinta.
  2. P03 itu Line Feed Error, karena timing disknya kotor/ rusak, bisa jadi karena kena cipratan tinta atau karena ada kertas yang nyasar ke gear timing disknya. (timing disk itu bentuknya lingkaran adannya disamping printer bahannya sama kaya enconde).
  3. P05 itu ASF Sensor Error, Sensor pendeteksi kertas rusak / Error. ada 3 kemungkinan, kalo ngak Sensornya patah (karena kertas nyankut terus dipaksa ditarik dari atas), klo ngak Motor/dinamonya rusak, klo ngak juga berarti Mainboardnya yang rusak.
  4. P06 itu Internal Temperature Error, Penyebab terjadinya error seperti ini karena temperatur di dalam Printer MP258 berlebih. karena kotor atau karena ada komponen pada mainboard yang terlalu panas. kalau cuma kotor mah tinggal dibersikan sajah. tapi kalo ada komponen pada mainboard yang terlalu panas, ganti ajah main boarnya. (klo di mainboard ngak ada yang panas, kmungkinan komponen yang kepanasan sudah jebol alias mati).
  5. P07 itu Ink Absorber Full, Penyebabnya Memori penuh, kalo seperti ini tinggal di reset sajah. pake Software resetter.
  6. P08 itu Print Head Temperature Rise Error, Temperatur pada Head yang ada di Cartridge terlalu panas, melebihi ambang batas kewajaran panas pada head. Karena kering kali headnya, biasanya terjadi pada cartridge warna 811, coba cabut cartridnya trus headnya di tetesin pake headcleaner/alkohol 60% lalu dibersihin pake tisu (Hati2 jari tangan sama tetesan alkohol jangan sampe menyentuh chipnya). jika ngak bisa juga coba ganti sama yang baru pasti bisa.
  7. P09 itu EEPROM Error, Mainboardnya rusak.
  8. P10 itu Logic Board / Carriage/ Catridge Error,  kemungkinan besar karena catridge dibiarkan kosong dan terus dibuat ngeprint. ini menyebabkan head panas dan terjadi kerusakan di salah satu komponen berikut Logic Board / Carriage/ Catridge. Harusnya sih P03 dulu yang keluar. karena Headnya kan panas, mungkin karena langsung ada salah satu kompunen di atas tadi yang rusak makanya langsung P10. gitu...
  9. P15 itu USB VBUS Over Current, Karena arus yang mengalir melalui kabel USB terlalu besar. di anjurkan pakai stabilizer yang bagus, tapi karena sudah terlanjur... mulai sekarang beli stabilizernya, terus jika masih bermasalah (P15), coba ganti kabel Data USBnya, kalo ngak bisa juga coba ganti Power Supply CPUnya. jalan terakhir jika kedua percobaan tersebut gagal, ganti ajah mainboard Printer MP258nya.
  10. P20 itu Other hardware error, atau Kerusakan Hardware lain. solusinya ganti mainboard.
  11. P22 itu Scanner error, Scanner rusak, coba ganti scanernya atau mainboardnya.
  12. E04 itu karena ngak bener masang catridgenya, coba cabut terus pasang lagi.
  13. E05 itu sama kaya E04 Tapi kemungkinan juga salah satu catridgenya yang rusak.
  14. E14 & E15 = E05.
  15. E13 & E16 itu catridgenya minta di reset, caranya teken ajah tombol stop/reset sekitar 5 detik.
  16. SELAMAT MENCOBA dan SEMOGA DAPAT MEMBANTU. (dengan logat batak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar