Kamis, 09 Agustus 2012

Cara menampilkan kembali ikon bluetooth yang hilang di system tray windows7

Kali ini kita akan membahas salah satu masalah yang paling mengjengkelkan di windows, seperti kita ketahui di windows7 menunjukkan ikon “Bluetooth” di system traynya, dan jika kita klik atau klik kanan pada ikon bluetooth tadi, maka akan nongol menu, dan celakanya masalah dimulai manakala opsi “Remove icon” ada di menu paling bawah, dan jika kita tidak sengaja mengklik opsi ini dan buzzz!, ikon bluetooth hilang dari system tray! dan kita tidak akan menemukan opsi untuk mengembalikannya lagi.

Opsi menu “Remove icon” seharusnya jangan ada dibagian paling bawah menu, besar kemungkinan pengguna awam seperti kita akan tidak sengaja mengkliknya, dan yang paling mengjengkelkan, kita tidak diberi peringatan atau konfirmasi lebih lanjut apakah memang benar mau menghapus ikon ini dari system tray windows7.
Jika kita tidak sengaja telah mengklik opsi “Remove icon” ini di system tray, dan ikon bluetooth telah hilang dari system tray, berikut ada 2 metode sederhana untuk mengembalikannya semula di system tray windows7.
Cara Pertama: Menggunakan settingan bluetooth windows yang tersembunyi.
Mengapa dikatakan tersembunyi?. dikarenakan kita tidak akan menemukan settingan bluetooth di control panel, caranya:
  1. Ketikkan “bluetooth” di kotak pencarian (search box) di start menu windows7, dan otomatis kita akan diberikan opsi, pilih dan klik opsi “Change Bluetooth Settings“.

  2. Jendela baru akan terbuka, pada jendela Bluetooth Settings, aktifkan kembali opsi Bluetooth nya dengan menconteng kotak opsi “Show the Bluetooth icon in the notification area“, klik apply dan tutuplah jendelanya.

  3. Selesai, ikon bluetooth di system tray windows7 akan muncul kembali.
Cara Kedua: Memakai Registry Editor.
Jika cara diatas tidak berhasil, berikut cara mengembalikan ikon bluetooth windows7 disistem tray dengan menggunakan registry editor.
  1. Ketik regedit dikotak Run di startmenu windows7 (search box), untuk membuka program registry editor.
  2. Sekarang navigasi ke baris berikut:
  3. HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Bluetooth
  4. Dipanel sebelah kanan, cari nilai DWORD dari Notification Area Icon nilai seharusnya adalah 0, sebaliknya nilainya adalah 1 (ikon akan hilang).

  5. Selesai, restartlah sistem anda untuk mengembalikan lagi ikon bluetooth yang hilang di system tray windows7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar