Kamis, 09 Agustus 2012

Cara membuka partisi yang tersembunyi di windows 7

Bila kita melakukan install ulang bersih untuk windows 7 atau menginstall pada harddisk baru yang perlu diketahui bahwa windows 7 akan membuat sebuah partisi berukuran 100 MB yang terlindungi sebelum menginstall windows 7 pada harddisk baru. Partisi ini berisi file boot dan file2 pemulihan dilingkungan windows 7 dan tidak memungkinkan untuk menghapus partisi ini, karena akan merusak boot windows dan windows tidak akan booting jadinya.
Secara default, windows 7 menyembunyikan partisi ini di windows explorer, untuk mengetahui apakah ada sistem partisi yang terlindungi ini di komputer windows 7 kita, ketik “diskmgmt.msc” di kotak pencarian atau RUN dan tekan tombol Enter. jendela Disk management akan terbuka, disini kita dapat melihat apakah ada partisi ini di windows 7 kita.

Cara membuka partisi yang tersembunyi di windows 7:
  1. Download terlebih dahulu tool Open Hidden System Drive, program kecil dan portabel ini tersedia untuk versi 32bit dan 64bit, pastikan anda mengunduh sesuai dengan versi windows 7 anda.
  2. Klik 2x pada file OpenHiddenSystemDrive.exe untuk membuka sistem partisi tersembunyi yang dilindungi di windows 7 explorer, pertama drive ini akan tampak kosong, dikarenakan drive ini berisi file2 system yang secara default memang tersembunyi (hidden), untuk melihat file ini kita perlu untuk sementara waktu menonaktifkan opsi “hide protected operating system files” Caranya:
    • Buka windows explorer, klik Tools dan kemudian Folder Options
      Klik tab View, dan kemudian kita akan melihat opsi “Hide protected operating system files (recommended)

    • Hilangkan tanda centangan dikotaknya, kemudian klik tombol Yes pada jendela peringatan yg nongol, klik tombol “Aplly

    • Semua file yang tersembunyi seharusnya akan terlihat.
Catatan: Tips ini berlaku hanya untuk edisi windows 7 Profesional, Enterprise dan Ultimate.
Download Tool Open Hidden System Drive 64Bit Disini
Download Tool Open Hidden System Drive 32Bit Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar