Kamis, 09 Agustus 2012

Basmi Virus dengan Avira AntiVir Rescue System BootCD


avira-logoBeberapa hari yang lalu saya mendapat masalah dengan virus yang lumayan bandel, dan sulit untuk dibersihkan. Jadi salah satu cara yang terbaik dan mudah digunakan adalah memakai antivirus Rescue CD, dan salah satu Antivirus Rescue Cd favorit saya adalah Avira AntiVir Rescue System BootCD, yang dapat didownload di situsnya avira (lih. diakhir artikel), apabila kita mem-booting komputer dengan CD ini, yang selalunya operating systemnya adalah Live Linux CD dan Windows kita yang berada di harddisk dan virusnya tidaklah aktiv, dengan cara ini gampanglah virus kita bersihkan. Lebih lagi kalo saya ketemu komputer yang sudah terinfeksi virus yang sudah terlalu parah, bahkan booting melalu safemode pun susah, apalagi mau menginstall antivirus. Saya pilih Avira dikarenakan filenya ngga terlalu besar dibandingkan dengan kaspersky misalnya.
Namun untuk beberapa merk laptop seperti Acer atau Dell saya mendapatkan sedikit masalah, Waktu proses booting sampai muncul jendela Aviranya ngga ada masalah, akan tetapi waktu saya memilih opsi “Remove infected files” atau “Try to repain infected files” atau “Rename files, if they cannot be removed”, Komputernya Hang, dan ga ada respon sama sekali dari keyboard.
Celakanya, itu adalah salah satu “bug” dari avira antivirus rescue CD, dan untuk mengatasinya, booting lah cd nya tanpa melewati jendela antivirus avira tersebut, atau kita booting ke “DOS” mode, ato di text mode.
Booting seperti biasa memakai Rescue CD, dan tekan nomor 1, lalu tekan Enter, dan system akan membaca file2 seperti vmlinuz dan initrd.gz
avira-rescue-boot-optionsApabila sudah muncul jendela Avira nya, tekanlah tombol Crtl+Alt+Backspace
avira-ctrl-altDan selanjutnya kita akan dibawa kepada mode teks biasa seperti mode “DOS”, sebelum kita mengetikkan sesuatu,  perlu diingat bahwa Avira antivirus rescue CD ini diprogram menggunakan Keyboard mode German, jadi tata letak hurupnya sedikit berbeda. contoh: kalo kita mengetikkan hurup – maka yg muncul adalah hurup ß, lihat gambar berikut.
german-keyboard
Langkah pertama: Update dulu antivirusnya biar databasenya baru dan dapat mendeteksi virus yg baru. Perintahnya:
antivir --update
Untuk melakukan pemeriksaan ke semua file di harddisk 1 ikuti perintah berikut, perlu diingat, dalam Linux haruslah dibedakan antar hurup besar dan hurup kecil, Device, hurup D itu hurup besar, perintah berikut akan mencoba membersikan file yg terinfeksi dan akan merubah nama file yg tidak bisa dibersihkan ke ekstensi file *.xxx , kita juga dapat menganti ekstensi perintah -ren ke ekstensi -del, untuk proses otomatis menghapus file yg tidak bisa dibersihkan oleh antivirus.
antivir -s -e -ren /media/Devices/hda1
Setelah selesai proses scanning, bootinglah komputer anda melalui harddisk, dan mudah2an windows anda telah bersih, dan dapatlah kita menginstall atau mengupdate antivirus yang ada agar dapat mendeteksi virus yang baru.
Download Avira Recue Disc

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar